Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat dan Berkilau

Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat dan Berkilau – Memiliki rambut panjang yang sehat dan berkilau tentu impian seluruh wanita yang ada di dunia ini. namun kebanyakan dari mereka salah dalam merawat rambut yang menjadikan rambut nampak kusam ataupun kering. Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau tentu membutuhkan usaha serta perawatan yang ekstra. Pasalnya perempuan yang memiliki rambut panjang sangat rentan terkena berbagai macam masalah pada rambut seperti kerontokan, bercabang, dan juga membuat rambut mudah patah.

Oleh sebab itu para wanita yang memiliki rambut panjang perlu beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut tersebut. perawatan rambut sehat dan berkilau kini tidak perlu dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Pasalnya melakukan perawatan rambut bisa dilakukan di rumah dan tentunya dengan harga yang murah dan bersahabat. Misalnya seperti menggunakan masker rambut, vitamin rambut, hingga serum yang dapat membuat rambut sehat dan tidak kering. Namun perawatan tersebut tentu saja tidak cukup untuk membuat rambut sehat dan berkilau. Berikut ini adalah cara-cara merawat rambut agar selalu terlihat sehat dan berkilau:

1. Potong ujung rambut secara berkala

Bagian ujung rambut merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan dari yang lainnya. Jika anda membiarkan bagian tersebut tetap tumbuh, maka kerusakan yang terjadi di ujung rambut dikhawatirkan akan merambat ke bagian rambut lainnya yang masih sehat. Oleh sebab itu cara terbaik untuk mengindarkan hal tersebut adalah dengan memotong ujung rambut yang tidak sehat secara berkala. Biasanya waktu terbaik untuk memotong ujung rambut itu sekitar 10-12 minggu sekali. Apabila anda rutin menggunakan catokan, maka usahakan untuk memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.

2. Hindari menyisir rambut saat basah

Memiliki rambut panjang pasti akan sering menyisirnya agar rambut tidak kusut. Namun hindari kegiatan tersebut jika rambut dalam keadaan basal. Pasalnya rambut yang basah jika langsung disisir akan beresiko tinggi membuat rambut menjadi mudah patah. Cara terbaik untuk menyisir rambut setelah keramas adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu menggunakan handuk yang lembut lalu menggunakan vitamin rambut untuk melindungi permukaan pada rambut. Dan jika sudah kering maka sisirkan rambut dari bagian akar hingga ujung rambut secara menyeluruh.

3. Jangan terlalu sering keramas

Keramas merupakan salah satu kegiatan yang dapat membersihkan rambut dari berbagai kotoran setelah melakukan aktivitas seharian. Namun hindarilah untuk melakukan keramas terlalu sering. Pasalnya rambut akan kehilangan minyak alami jika terlalu sering keramas. Akibat dari kehilangan minyak alami, rambut akan menjadi mudah rusak, rontok, dan menjadi tidak lembut lagi. Keramas sangat disarankan untuk dilakukan 2-3 hari sekali. Cara keramas paling baik adalah mencuci rambut dengan air hangat dan membilasnya dengan air dingin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*